Enam Alasan Kita Peduli AUD

Enam Alasan Kita Peduli AUD

Setidaknya ada enam aspek mengapa kita perlu menitikberatkan perhatian kita pada peningkatan kecerdasan anak.


Secara yuridis, AUD mempunyai hak-hak yang harus dilindungi. Berdasarkan Konvensi Hak Anak PBB Tahun 1989, hak-hak anak meliputi hak untuk: bermain, mendapatkan pendidikan, mendapatkan perlindungan, mendapatkan nama dan identitas, mendapatkan status kebangsaan, mendapatkan makanan, mendapatkan kesehatan, mendapatkan rekreasi, mendapatkan kesamaan dan memiliki peran dalam pembangunan. Disamping itu, upaya mencerdaskan anak adalah amanah UUD 1945. Dalam pembukaan UUD 1945 disebutkan tujuan NKRI termasuk “mencerdaskan kehidupan bangsa”.


Secara biologis, AUD dalam tahap pertumbuhan emas otak dimana otak sebagai organ yang mengontrol tubuh dan kecerdasan sedang mengalami perkembangan yang pesat sehingga membutuhkan stimulus dan makanan bergizi. AUD dalam tahap pertumbuhan fisik tidak saja tinggi dan berat badan namun juga kemampuan motorik kasar dan motorik halus yang perlu dilatih sesuai tahapan umur.


Secara psikologis,  AUD dalam masa mengamati, mengeksplorasi, menyerap dan mengikuti perilaku lingkungan, saat yang tepat untuk pembangunan karakter.

Secara sosial, AUD mulai tahap awal interaksi di luar keluarga inti, dimana peluang intervensi menjadi terbuka.

Secara filosofis, AUD adalah generasi penerus bangsa. Di masa depan, mereka lah yang memimpin bangsa.

Secara religii, AUD adalah amanah atau titipan Tuhan yang perlu dijaga dan dibimbing.(ANW)


Iklan

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar